A.PROGRAM KURIKULUM

Kurikulum MTs Negeri 30 pada tahun pelajar 2020/2021 menerapkan Kurikulum 2013 (K-13) yang direvisi tahun 2017, dengan memiliki program unggulan  sbb :

  1. Program Prestasi Tahfizul Qur’an 3-5 Juz
  2. Personel Aciefment Studen ( PAS )
  3. Bina Baca Tulis Al-Qur’an
  4. Program Bina KSM
  5. Program Pesantren Prestasi
  6. Program Sarapan Soal
  7. Program Pendalaman Materi

Dengan struktur kurikulum pembelajaran perminggu 50 Jam Tatap Muka ( JTM ) dan program bimbingan tahfiz setiap hari oleh team tahfiz tiap kelasnya.

B.Daftar Nama Tenaga Pendidik

NO NAMA STATUS  TUGAS MENGAJAR JABATAN / TUGAS TAMBAHAN
1 DRS. IMAM SAYUTI,M.PD PNS KEPALA MADRASAH
2 Dra.BULAN SIREGAR PNS PKN 7 D-F/9 A-E
3 RUMZIL LAILI,S.Ag PNS FIQIH 8 C-F/9 A-F WALI KELAS
TAHFIZ 8E
BAHASA ARAB 7E-F
4 Dra. SRI MULIANNASARI, M.Pd. PNS MATEMATIKA 9A-9E WALI KELAS
5 IIS ISNAENI,S.Pd PNS BHS INGGRIS 9 DEF WAKA HUMAS
6 A.MUFTI AMIN,S.Ag PNS SKI  8A-F/9A-E LAB AGAMA
TAHFIDZ
BAHASA ARAB 8EF
7 EVA FARIDA, S.Ag PNS FIQIH 7A-F/ 8AB WALI KELAS
TAHFIZ 7D/9AB
8 FACHRUDDIN,S.Psi.I PNS BK  KELAS 7
BHS. ARAB 8CD
9 NURCHOLIS,S.Pd PNS B.INDONESIA 9A-E WAKA SARPRAS
10 UFI IZMAH,S.Pd PNS BING 8DEF/ 9 AB
TAHFIZ 9A
11 MELIK MULYANI,S.Pd PNS IPA  8A-F WALI KELAS
TAHFIZ 8D
12 SRI INDRIYATI,S.Pd.I PNS SENI BUDAYA 7/8A-C/9CDE
13 FAIQOH,S.Pd PNS BHS. ARAB 7ABCD/8 EF/9A-E WALI KELAS
TAHFIZ 8B
14 SLAMET WILDANI,S.Pd PNS WAKA KURIKULUM / IPS – 9 DEF WAKA KURIKULUM
15 SITI  MURYANI,S.Pd PNS BK KELAS 8
16 MARYANI,S.Ag PNS AQIDAH  8 D-F/9A-E WALI KELAS
TAHFIZD 9CDE
17 RINALDI,S.Pd.I PNS QURDIS 8 A-F
SKI  7 A-F
TAHFIZ 7A
18 ATINA, S.Pd PNS BIND 8A-F WALI KELAS
TAHFIZ
19 R.WIRDANINGSIH, S.PD PNS IPS 8DE/9ABC WALI KELAS
PKN 8 AB
TAHFIZ
20 SUDIRMAN,S.Sos.I PNS PRAK/TIK  8A-F/9A-E KEPALA LAB KOMPUTER / P.OSIS
22 DEVI PANCARIANI,S.Si. PNS IPA TERPADU 7A-F WALI KELAS
TAHFIZ
22 ROMELAN,S.Pd.I PNS TIK 7A-F WAKA KESISWAAN
23 SITI HUZAIMAH,S.Pd PNS BK KELAS 9
24 EKO FITRIANI,S.Pd PNS IPA  9A-E KEPALA LAB IPA / WALI KELAS
25 NITA SUSILAWATI,M.M.Pd PNS AQIDAH 7 A-F/8 ABC WALI KELAS
SBK 8DEF/9AB
TAHFIDZ
26 EKA SISWANTI,S.Pd PNS IPS 7 A-C KEPALA PERPUSTAKAAN
27 IDA WACHYUNINGSIH,S.Pd PNS BING 7AB/8 A-C WALI KELAS
TAHFIDZ
28 NENENG KUSMAYANTI,M.Si PNS MATEMATIKA 7A-F WALI KELAS
TAHFIZ
29 MAHFUD,S.Ag,M.Pd PNS AL-QUR’AN HADITS WALI KELAS
TAHFIZ
30 YANDI ARFAN,S.Pd HON IPS 7E / 8C
PKN 7A-D
31 SITI KHOLIMAH,S.Pd HON IPS TERPADU  8AB WALI KELAS
TAHFIZ
PKN 8DEF
32 SITI AISYAH,S.Pd HON MATEMATIKA 8A-F WALI KELAS
TAHFIDZ
33 ABDULLAH BAKRI,S.Pd HON BING 7 CDEF
BHS. INDONESIA 7AB
34 ADITIYA CHANDRA,S.Pd HON PENJASKES 8 CDEF/9 A-F
35 KAMALUDIN, S.Pd. HON PENJASKES 7 A-F/8A-B
36 SULAEMAN, S.Pd. HON BHS. INDONESIA 7B-F
TEAM THEACHING BINA TAHFIZ HARIAN

 

C.SISTEM PEMBELAJARAN

 

  1. Pembelajaran Tatap Muka
  2. Pembelajaran Jarak Jauh ( PJJ ) Pandemi Covid-19
    1. Program Aplikasi E-Learning
    2. Program Pembelajaran WA Group
    3. Web Meeting
  3. Sistem penilaian
    1. E-learning Kemenag
    2. ARD ( Aplikasi Rapot Digital )
    3. Aplikasi Rapot Offline

 

D.STRUKTUR KURIKULUM

Struktur Kurikulum merupakan susunan mata pelajaran yang harus ditempuh oleh peserta didik dalam kegiatan pembelajaran. Kedalaman muatan kurikulum pada setiap mata pelajaran dituangkan dalam kompetensi yang harus dikuasai peserta didik sesuai dengan beban belajar yang tercantum dalam struktur kurikulum. Kompetensi yang dimaksud terdiri atas kompetensi Inti (KI) dan kompetensi Dasar (KD)

Struktur kurikulum terdiri atas dua komponen Kelompok A dan Kelompok B Kompetensi Inti dikelompokkan menjadi:

  1. Menghargai dan menghayati  ajaran agama yang dianutnya.
  2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
  3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
  4. Mencoba,  mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

 

Struktur kurikulum meliputi substansi pembelajaran yang ditempuh dalam satu jenjang pendidikan selama tiga tahun mulai kelas VII s.d. kelas IX. Struktur kurikulum kelas VII disusun berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan, Standar Kompetensi Mata pelajaran dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Memuat 15 mata pelajaran, yang terbagi dalam komponen kelompok A : 11 Mata Pelajaran dan Kelompok B : 4 mata pelajaran.
  2. Pengembangan diri bukan merupakan mata pelajaran yang harus diajar/ diasuh oleh guru. Pengembangan diri bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan dan mengekspresikan diri sesuai dengan kebutuhan, bakat dan minat peserta didik sesuai dengan kondisi madrasah. Kegiatan pengembangan diri di MTs Negeri 30 Jakarta dilakukan dalam bentuk kegiatan ekstrakurikuler yang difasilitasi dan atau dibimbing oleh konselor, guru mata pelajaran atau tenaga kependidikan yang memiliki kemampuan di bidang ekstrakurikuler yang telah ditentukan oleh madrasah.

Kegiatan pengembangan diri dilakukan melalui kegiatan pelayanan konseling berkenaan dengan masalah pribadi dan kehidupan sosial, belajar dan pengembangan karir peserta didik.

  1. Jam Pelajaran untuk setiap mata pelajaran dialokasikan sebagaimana tertera dalam struktur kurikulum.
  2. Alokasi waktu satu jam pembelajaran adalah 40 menit
  3. Minggu efektif dalam satu tahun pelajaran adalah 40 minggu

 

MATA PELAJARAN ALOKASI WAKTU BELAJAR
PER MINGGU
Kelompok A BNSP Kemenag Darurat
1. Pendidikan Agama Islam
a. Al Qur’an Hadis 2 2 2
b. Akidah Akhlak 2 2 2
c. Fiqih 2 2 2
d. Sejarah Kebudayaan Islam 2 2 2
2. Pedidikan Pancasila dan Kewarga negaraan 3 3 2
3. Bahasa Indonesia 6 6 4
4. Bahasa Arab 3 3 2
5. Matematika 5 5 4
6. Ilmu Pengetahuan Alam 5 5 4
7. Ilmu Pengetahuan Sosial 4 4 4
8. Bahasa Inggris 4 4 4
Kelompok B
1. Seni Budaya 3 3 2
2. Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan 3 3 2
3. Prakarya 2 2 2
4. Bimbingan Baca & Tahfiz 0 2 2
Jumlah Alokasi Waktu Per Minggu 48 50 40