KESISWAAN

 

Program Kerja Bidang Kesiswaan MTs N 30 Jakarta

Dalam lingkup pendidikan, bidang kesiswaan merupakan salah satu bidang yang banyak berkecimpung dengan siswa. Tugas utamanya adalah membina siswa agar peserta didik dapat berkembang baik di bidang akademik dan nonakademik. Diharapkan apabila peserta didik  telah menyelesaikan studi di MTs N 30 Jakarta semua yang dipelajari dapat bermanfaat bagi dirinya, keluarganya maupun masyarakat.

Bidang kesiswaan hakekatnya membantu tugas kepala madrasah dalam bidang kesiswaan. Dengan demikian garapannya berupa kegiatan yang dikemas oleh madrasah secara efektif dan efisien dengan harapan dapat mengoptimalkan potensi siswa. Semua kegiatan tersebut dimulai dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi serta pengawasan yang diatur dan dirumuskan oleh madrasah dan secara resmi di bawah pertanggungjawaban Kepala Madrasah.

 

Tujuan Bidang Kesiswaan

 

  1. Meningkatkan penghayatan ketaqwaan terhadap Allah SWT peserta didik sebagai makhluk religius
  2. Membekali siswa dalam menunjang proses pembelajaran,
  3. Mengarahkan siswa untuk berpola pikir, bicara dan berprilaku sesuai dengan tata tertib madrasah
  4. Memberikan pembelajaran kepada siswa tentang kepemimpinan dalam berorganisasi
  5. Meningkatkan keterampilan berbahasa siswa melalui kegiatan pengembangan diri,
  6. Meningkatkan apresiasi seni dan budaya siswa melalui kegiatan pengembangan diri,
  7. Meningkatkan kesegaran jasmani dan rohani siswa melalui kegiatan pengembangan diri,
  8. Meningkatkan kemampuan bela negara siswa melalui kegiatan pengembangan diri
  9. Meningkatkan kemampuan teknologi informatika siswa melalu kegiatan pengembangan diri.
  10. Menghidupkan budaya madrasah bagi peserta didik

 

Program Kesiswaan

A.Program umum yang meliputi :

  1. Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB),
  2. Masa Taaruf Siswa Madrasah (MATSAMA)
  3. Monitoring Pengisian Buku Induk
  4. Upacara Pengibaran Bendera
  5. Peringatan Hari Besar Islam (PHBI)
  6. Peringatan Hari Besar Nasional (PHBN)
  7. Pembinaan ibadah melalui Tadarus, Shalat dhuha, shalat Dhuhur, Shalat Jum’at, shalat Ashar
  8. Senam Bersama
  9. Mukhadharah (Pidato)

 

B.Program pengembangan budaya madrasah yang aman, tertib, disiplin dan bersih untuk meningkatkan disiplin siswa.

  1. Sosialisasi tata tertib siswa
  2. Pembinaan rutin
  3. Pembinaan Insidental
  4. Program pembinaan Organisasi Siswa Intra Sekolah [OSIS]
  5. Regenerasi Pengurus OSIS
  6. Latihan Dasar Kepemimpinan OSIS (LDKO)
  7. Pembinaan pengurus dan anggota OSIS

 

1.Pembinaan Keimanan dan Ketakwaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa

    • Melaksanakan peribadatan sesuai dengan ketentuan agama masing-masing.
    • Memperingati hari hari besar keagamaan.
    • Melaksanakan perbuatan amaliah sesuai dengan norma agama.
    • Membina toleransi kehidupan antar umat beragama.
    • Mengadakan kegiatan lomba yang bernuansa kegamaan.
    • Mengembangkan dan memberdayakan kegiatan keagamaan dimadrasah.

 

2.Pembinaan Budi Pekerti Luhur atau Ahlak Mulia Melaksanakan tata tertib dan kultur madrasah. Melaksanakan gotong royong dan kerja bakti (bakti sosial).

    • Melaksanakan norma-norma yang berlaku dan tatakrama pergaulan.
    • Menumbuhkembangkan kesadaran untuk rela berkorban terhadap sesama.
    • Menumbuhkembangkan sikap hormat dan menghargai warga madrasah.
    • Melaksanakan kegiatan 7 K ( Keamanan, kebersihan, ketertiban,keindahan, kekeluargaan, kedamaian dan kerindangan ).

 

3.Pembinaan Kepribadian Unggul, Wawasan Kebangsaaan, dan Bela  Negara

    • Melaksanakan upacara bendera pada hari senin serta hari – hari besar nasional.
    • Menyayikan lagu–lagu nasional (Mars dan Hymne).
    • Melakasanakan kegiatan kepramukaan.
    • Mengunjungi dan mempelajari tempat-tempat bernilai sejarah.
    • Mempelajari dan meneruskan nilai-nilai luhur, kepeloporan, dan semangat perjuangan para pahlawan.
    • Melaksaakan kegiatan bela negara.
    • Menjaga dan menhormati simbol-simbol dan lambang-lambang negara.
    • Melakukan pertukaran siswa antar daerah dan antar negara.

 

4.estasi Akademik, Seni, dan Olaharaga Sesuai Bakat dan Minat

    • Mengadakan lomba mata pelajaran/program keahlian.
    • Menyelenggarakan kegiatan ilmiah. Mengikuti kegiatan workshop, seminar, diskusi panel yang bernuansa ilmu pengetahuan dan teknologi ( Iptek ).
    • Mengadakan studi banding dan kunjungan (studi wisata) ke tempat-tempat sumber belajar. Mengadakan pameran karya inovatif dan hasil penelitian.
    • Mengoptimalkan pemanfaatan perpustakaan madrasah. Membentuk klub sains, seni dan olahraga. Menyelenggarakan festival dan lomba seni.
    • Menyelenggarakan lomba dan pertandingan olahraga.
    • Pembinaan Pr

 

5.Pembinaan Demokrasi, HAM, Pendidikan Politik, Lingkungan Hidup, Kepekaan dan Toleransi Sosial Dalam Konteks Masyarakat Plural

    • Memantapkan dan mengembangkan peran siswa di dalam OSIS sesuai dengan tugasnya masing-masing.
    • Melaksanakan Latihan Dasar Kepemimpinan siswa.
    • Melaksanakan kegiatan dengan prinsip kejujuran, transparan, dan profesional.
    • Melaksanakan kewajiban dan hak diri dan orang lain dalam pergaulan.
    • Melaksanakan kegiatan kelompok belajar, diskusi, debat dan pidato.
    • Melaksanakan kegiatan orientasi siswa baru yang bersifat akademik dan pengenalan lingkungan TANPA KEKERASAN.
    • Melaksanakan penghijauan dan perindangan lingkungan madrasah.

6.Pembinaan Kreativitas, Keterampilan dan Kewirausahaan

      • Meningkatkan kreativitas dan keterampilan dalam menciptakan suatu barang menjadi lebih berguna
      • Meningkatkan kreativitas dan keterampilan dibuidang barang dan jasa
      • Meningkatkan usaha koperasi siswa dan unit produksi
      • Melaksanakan Praktek Kerja Nyata (PKN)/Pengalaman Kerja Lapangan (PKL)/Praktek Kerja Industri (PRAKERIN)
      • Meningkatkan kemampuan keterampilan siswa melalui sertifikasi kompetensi siswa berkebutuhan khusus

7.Pembinaan Kualitas Jasmani, Kesehatan dan Gizi

    • Melaksanakan perilaku hidup bersih dan sehat.
    • Melaksanakan usaha kesehatan madrasah (UKS).
    • Melaksanakan pencegahan penyalahgunaan narkotika, psikotropika,zat adiktif (narkoba), minuman keras, merokok, dan HIV AIDS.

8.Melaksanakan hidup aktif. Melaksanakan pengamanan jajan anak madrasah.

    • Pembinaan Sastra dan Budaya Mengembangkan wawasan dan keterampilan siswa di bidang sastra.
    • Menyelenggarakan festival/lomba, sastra dan buday
    • Meningkatkan daya cipta sastra.
    • Meningkatkan apresiasi budaya.

 

9.Pembinaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)

    • Memanfaatkan TIK untuk memfasilitasi kegiatan pembelajaran.
    • Menjadikan TIK sebagai wahana kreativitas dan inovasi.
    • Memanfaatkan TIK untuk meningkatkan integritas kebangsaan.

 

10.Pembinaan Komunikasi Dalam Bahasa Inggris dan Arab

    • Melaksanakan lomba debat dan pidato bahasa Arab dan Inggris
    • Melaksanakan lomba menulis dan korespodensi dalam bahasa Arab dan Inggris
    • Melaksanakan kegiatan Arabic and English Day.
    • Melaksanakan kegiatan bercerita dalam bahasa Arab dan Inggris ( Story Telling ).
    • Melaksanakan lomba Puzzles words/scrabble

 

C.Program pengembangan diri siswa :

1.Pengembangan diri melalui peran Guru BK dengan mengembangkan :

    • Konseling Belajar,
    • Konseling Sosial dan
    • Karier Peserta Didik

2.Pengembangan diri melalui kegiatan ekskul meliputi kegiatan :

    • Pramuka
    • Paskibra
    • Palang Merah Remaja (PMR)
    • Futsal
    • Volly
    • Basket
    • Badminton
    • Silat
    • Tae Kwon Do
    • Rebana
    • Hadrah
    • Marawis
    • Qira’ah
    • Drum Band
    • Seni Tari
    • English Student Club (ESC)
    • Karya Ilmiah Remaja (KIR)
    • Matclub
    • Jurnalistik

 

3.Partisipasi dalam kegiatan lomba dan pertandingan :

    1. Bidang keagaamaan
    2. Bidang Akademik
    3. Bidang olah raga
    4. Bidang seni

 

1.Pengembangan Siswa Unggul :

a.Bidang Akademik :

      • Matematika
      • IPA
      • Inggris
      • Tahfidz
      • Arab

b.Bidang Non Akademik :

Mendukung dan mengupayakan Penerimaan Bea Siswa melalui :

      1. Bea Siswa Perusahaan
      2. Bea Siswa ZIS DKI Jakarta
      3. Kartu Jakarta Pintar (KJP)
      4. Kartu Indonesia Pintar (KIP)

 

 

 

 

D.OSIS

 

STRUKTUR PENGURUS OSIS  MTs NEGERI 30 JAKARTA

PERIODE TAHUN 2019/2020

 

Penasihat                   :

Kepala MTs Negeri 30 Jakarta

Drs. H. Imam Sayuti, M.Pd.

Penanggungjawab      :

Wakil Kepala Madrasah Bidang Kesiswaan MTs N 30 Jakarta

Romelan, S.Pd.I

Pembina                       :

Sudirman, S.Sos.I

Ketua                             :

Jordhan Adira Bakti Nusantara, kelas 8

Wakil Ketua 1               :

Raisa Nayyara B.P., kelas 8

Wakil Ketua 2              :

Ady Afif Cahyafatih, kelas 8

Sekretaris                     :

Damar Wistara Wijang Aryoseto, kelas 7

Wakil Sekretaris         :

Garnis Hanum, kelas 8

Bendahara                    :

Fawaza Khairun Niswah  D., kelas 8

Wakil Bendahara         :

Solihat Fajriyah, kelas 8

 

A.Peningkatan Kepribadian dan Ketakwaan terhadap Alloh SWT.

  1. Nabila Fitria Sholihah, kelas 8
  2. Ardelia Zahra N., kelas 8
  3. Siti Nur Azizah, kelas 8
  4. Sabrina Zahra D., kelas 7
  5. Iqbal Faraby, kelas 7

 

B.Peningkatan Akademik dan Organisasi

  1. Salwa Aulia Jasmine, kelas 8
  2. Rizqita Putri Azahra, kelas 7
  3. Aulia Putri Khaira, kelas 7
  4. Rakha Raditya P.S., kelas 7
  5. Sabina Laiqa Lubena, kelas 7

 

C.Peningkatan Kehidupan Berbangsa dan Bernegara

  1. Najwa Fitri Hastiti, kelas 8
  2. Emeraldine Dhuhaia S., kelas 7
  3. Isnayya Naqsyabila Mumtazza Waluyo, kelas 7
  4. Bunga Kurnia Lestari, kelas 7
  5. Nailah Khalisah

 

D.Peningkatan Keterampilan dan Wirausaha

  1. Rizki Satria Pratama, kelas 7
  2. Mayda ZahraNugrahanti, kelas 7
  3. Akhtar Ghaisan Purnawan, kelas 7
  4. Munayya Zoraya, kelas 7
  5. Naufal Daffa Dzakwan, kelas 7

 

E.Peningkatan Kreasi dan Apresiasi Seni

  1. Zanetta Alitsha Putri Reynaldo, kelas 8
  2. Nadia Izzati Firmansyah, kelas 8
  3. Lintang Kyla N.P., kelas 7
  4. Daffa Rizky Aldrian, kelas 7
  5. Naila Ramadhani Wibowo, kelas 7

 

F.Publikasi dan Informasi

  1. Dzakiyyah Salsabila Zulkarnain, kelas 8
  2. Isma Nurul Hidayah, kelas 7
  3. Auna Uzhma R., kelas 7
  4. Muhammad Ramzy basysyar, kelas 7

 

G.Peningkatan Jasmani dan Kesehatan

  1. Nazwa Zakhira Futri, kelas 8
  2. Aura Nur Afnisa, kelas 8
  3. Ahmad Haidar, kelas 7
  4. Widya Mustika Anwar, kelas 7