PERPUSTAKAAN

 

1.PengertianPerpustakaan

Perpustakaan adalah institusi pengelola koleksi karya tulis, karya cetak, dan/atau karya rekam secara profesional dengan sistem yang baku guna memenuhi kebutuhan pendidikan, penelitian, pelestarian, informasi, dan rekreasi para pemustaka.(UU No.43 th 2007 Tentang Perpustakaan)

Perpustakaan Madrasah adalah perpustakaan yang berada pada lembaga pendidikan dibawah naungan Departemen Agama R.I, mulai tingkat dasar sampai menengah merupakan bagian dari sarana dan prasarana belajar dalam rangka mendukung tercapainya tujuan kurikulum dan tujuan pendidikan.

Perpustakaan sekolah adalah perpustakaan yang berada pada satuan pendidikan formal di lingkungan pendidikan dasar dan menengah yang merupakan bagian integral dari kegiatan sekolah yang bersangkutan, dan merupakan pusat sumber belajar untuk mendukung tercapainya tujuan pendidikan sekolah yang bersangkutan(Standar Nasional Perpustakaan).

Pustakawan adalah seseorang yang memiliki kompetensi yang di proleh melalui pendidikan dan atau pelatihan kepustakawanan serta mempunyai tugas dan tanggung jawab untuk melaksanakan pengelolaan dan pelayanan perpustakaan (Pustakawan UU No. 43 TH 2007 Tentang Perpustakaan Pasal 1 ayat 8).

Pemustaka adalah pengguna perpustakaan, yaitu perseorangan, kelompok orang, masyarakat, atau lembaga yang memanfaatkan fasilitas layanan perpustakaan (Pemustaka UU No. 43 TH 2007 Tentang Perpustakaan Pasal 1).

  1. VISI,MISI DAN TUJUAN
  2. VISI

Terwujudnya perpustakaan yang representatif sebagai penyedia informasi ilmu pengetahuan, teknologi, dan agama.

  1. MISI
    1. Memberikan layanan yang ramah, tegas, tertib dan tangkas
    2. Mengembangkan minat dan kebiasaan membaca serta budaya menulis
    3. Mendidik siswa agar dapat memelihara dan memanfaatkan bahan pustaka
    4. Penerapan teknologi informasi perpustakaan
    5. Menjadikan perpustakaan sebagai jantungnya pendidikan madrasah
    6. Meningkatkan kerjasama (resources sharing) dengan perpustakaan dan pusat informasi lain.

 

  1. Tujuan

Tujuan Perpustakaan Madrasah adalah sebagai berikut :

  1. Tujuan Umum

Untuk meningkatkan ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, meningkatkan kecerdasan dan keterampilan, mempertinggi budi pekerti dan mempertebal semangat kebangsaan dan cinta tanah air sehingga dapat menumbuhkan manusia-manusia pembangunan yang dapat membangun dirinya sendiri serta bersama-sama bertanggung jawab atas pembangunan bangsa berdasarkan Sistem Pendidikan Nasional yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

  1. Tujuan Khusus
    • Mengembangkan minat, kemampuan dan kebiasaan membaca khususnya serta mendayagunakan budaya menulis dalam segala sektor.
    • Mengembangkan kemampuan mencari dan mengolah serta memanfaatkan informasi.
    • Mendidik siswa agar dapat memelihara dan memanfaatkan bahan pustaka secara tepat guna dan hasil guna.
    • Meletakkan dasar-dasar kearah belajar mandiri.
    • Memberikan kesempatan berpengalaman dalam menciptakan dan menggunakan informasi untuk pengembangan pengetahuan, imajinasi dan rekreasi.
    • Memberikan akses kesumber-sumber informasi dan kesempatan mengekspos keberagaman gagasan, pengalaman dan opini, serta menciptakan kepekaan budaya dan social.
    • Memupuk dan mengembangkan minat dan bakat siswa.
    • Memungkinkan kerjasama antara siswa, guru, pegawai administrasi dan orang tua siswa untuk mencapai misi sekolah.
    • Memperkenalkan konsep kebebasan inetlektual dan kebebasan akses informasi.
  • FUNGSI PERPUSTAKAAN

Berdasarkan hal tersebut di atas, dapat disimpulkan bahwa fungsi Perpustakaan Madrasah yaitu :

  1. Fungsi Pendidikan

Sebagai sarana kegiatan belajar mengajar untuk membantu siswa dalam memperjelas pengetahuan tentang pelajaran yang diperolehnya didalam kelas.

  1. Fungsi Informasi

Memupuk daya kritis siswa dalam menemukan sumber informasi dan sebagai sarana layanan informasi dalam menunjang proses belajar mengajar.

  1. Fungsi Penelitian

Membantu siswa dalam melakukan penelitian yang sifatnya sederhana berkaitan dengan dengan mata pelajaran yang dipelajari/diajarkan.

  1. Fungsi Rekreasi

Sebagai tempat rekreasi dengan membaca buku dan penggunaan media elektronik dapat menghilangkan kejenuhan siswa dan guru dari rutinitas belajar/mengajar serta dapat menambah wawasan dan pengetahuan.

  1. Fungsi Kebudayaan

Sebagai tempat melestarikan kebudayaan, baik kebudayaan lokal, daerah, maupun nasional.

  1. Fungsi Kreatifitas

Membantu siswa mengembangkan kreatifitas, kegemaran dan hobi. Untuk menunjang hal tersebut diperlukan buku-buku yang dapat meningkatkan daya kresi siswa.

  1. Fungsi Dokumentasi

Menjadi pusat dokumentasi sekolah dari semua kegiatan yang pernah dilakukan siswa dan merupakan dokumentasi yang sangat berharga untuk diketahui siswa tahun-tahun berikutnya serta dapat mendorong siswa untuk lebih maju.

  1. PENGADAAN, LAYANAN, PEMINJAMAN KOLEKSI
    1. Pengadaan Koleksi

Buku yang dimiliki Perpustakaan diperoleh dari :

  1. Bantuan dari Kementerian Agama(Instansi Kanwil Depag DKI Jakarta)
  2. Dari Kementerian Pendidikan
  3. Dana BOS/BOP
  4. Sumbangan dari siswa dan guru
  5. Sumbangan masyarakat
  6. Dan lain lain
  1. Teknik Pelayanan Koleksi

Adapun Layanan diperpustakaan sebagai berikut :

  1. Layanan Teknis

Merupakan kegiatan dalam mempersiapkan koleksi agar nantinya dipergunakan untuk menyelenggarakan layanan pembaca.

  1. Layanan Pembaca

Memberikan jasa layanan kepada pemustaka secara terbuka meliputi :

  • Layanan ruang baca
  • Layanan sirkulasi bahan pustaka
  • layanan rujukan
  • layanan informasi
  • layanan literature

Layanan ini berlangsung setiap hari kerja dari Senin s.d Jumat.

  1. Teknik Peminjaman Koleksi / Bahan Pustaka

Adapun proses peminjamannya sebagai berikut :

  1. Secara otomatis siswa MTsN 30 Jakarta adalah anggota perpustakaan yang dibuktikan dengan kepemilikan kartu anggota perpustakaan
  2. Pemustaka membawa kartu anggota
  3. Pemustaka mengambil buku yang akan dipinjam
  4. Buku yang dipinjam dicatat dibagian sirkulasi peminjaman.
  5. Petugas mencatat buku yang dipinjam dibuku peminjaman, dan dicatat tanggal kembalinya.
  6. Peminjaman buku paket dilakukan pada awal tahun ajaran baru dengan waktu peminjaman sampai akhir tahun.
KEPALA MADRASAH

Drs. H. Imam Sayuti M.Pd.

 

KEPALA PERPUSTAKAAN

Eka Siswanti, S.Pd

TEKNIS DAN LAYANAN
Pengadaan
Pengolahan
Penyusunan
Sirkulasi
Layanan Membaca
Layanan Buku Rujukan
TEKNIS
LAYANAN
Nuryayah Rizqiah

 

Nuryayah Rizqiah
  • STRUKTUR ORGANISASI

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. TATA TERTIB PERPUSTAKAANMTs NEGERI 30 JAKARTA
    1. Peraturan yang perlu diperhatikan
  2. Siswa, guru, karyawan serta pengunjung lain yang memasuki ruang perpustakaan diharap melapor kepada pengelola/petugas perpustakaan dan mengisi buku daftar pengunjung.
  3. Di dalam ruangan perpustakaan diharap menjaga ketertiban dan kesopanan supaya tidak mengganggu orang lain yang sedang membaca atau sedang belajar.
  4. Setiap peminjam buku harus menunjukan kartu anggota perpustakaan.
  5. Kartu anggota perpustakaan tidak boleh dipinjamkan kepada orang lain untuk meminjam buku/koleksi perpustakaan.
  6. Setiap peminjam diperbolehkan mengambil sendiri buku-buku yang akan dipinjam dan melaporkan kepada petugas perpustakaan.
  7. Selesai membaca buku, majalah, surat kabar harus dikembalikan di tempat atau dirak semula.
  8. Setiap peminjam harus mengembalikan pinjaman buku sesuai dengan waktu yang telah ditentukan pengelola perpustakaan.
  9. Bila ada jam kosong siswa/siswi diperbolehkan belajar di ruang perpustakaan setelah terlebih dahulu melapor kepada petugas perpustakaan.
  10. Menjaga/merawat buku-buku yang dipinjam dari perpustakaan supaya tidak rusak atau kotor.
  11. Apabila buku yang dipinjam rusak atau hilang harap segera melapor kepada pengelola/petugas perpustakaan.
  12. Jagalah kebersihan dan tidak membuang sampah sembarangan di dalam ruang perpustakaan untuk mendapatkan kenyamanan bersama.

 

  1. Larangan yang harus diperhatikan
  1. Tidak dibenarkan memakai topi, jaket serta membawa tas ke dalam ruang perpustakaan.
  2. Dilarang membawa makanan dan minuman atau benda-benda lain yang tidak berhubungan dengan perpustakaan.
  3. Dilarang makan/minum, merokok, atau hal-hal lain yang bisa menodai barang-barang dalam ruang perpustakaan serta membuat udara di dalam ruangan yang tidak nyaman.
  4. Dilarang mencoret-coter/menggunting menyobek buku-buku, majalah, surat kabar dan lain-lain milik perpustakaan.
  5. Dilarang bermain atau bersenda gurau yang dapat mengganggu orang lain yang sedang membaca/belajar.
  6. Tidak dibenarkan menggunakan ruang perpustakaan untuk keperluan lain selain sebagai sarana pendidikan di sekolah serta untuk meningkatkan efektifitas kegiatan belajar mengajar.
  7. Tidak dibenarkan menukar-nukar buku, majalah, surat kabar dan lain-lain milik perpustakaan dengan buku lain tanpa seijin pengelola/petugas perpustakaan, walaupun judul dan pengarang sama.