Jakarta (MTsN 30 Jakarta ) – Hari pertama Tahun Ajaran Baru 2020/2021 bagi siswa baru di lingkungan Kementerian Agama Republik Indonesia, mulai dari tingkat Raudlatul Athfal (RA), Madrasah Ibtidaiyyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs) sampai dengan Madrasah Aliyah (MA) selalu diawali dengan kegiatan Masa Ta’aruf Siswa Madrasah atau Matsama. Demikian pula di MTsN 30 Jakarta , kegiatan Matsama berlangsung selama 3 hari, Senin – Rabu, 13-15 Juli 2020. Kegiatan masa ta’aruf dilaksanakan secara virtual menggunakan video pembelajaran dan literasi melalui media Youtube dan juga Whatsapp Group semuanya dapat akses melalui Web MTsN 30Jakarta www.mtsn30-jakarta. sch.id.

Matsama adalah masa orientasi atau pengenalan mengenai lingkungan Madrasah kepada peserta didik baru. Melalui Matsama, diharapkan para peserta didik baru akan dikenalkan mengenai sistem pembelajaran, ciri khas, karakter dan budaya yang ada di lingkungan madrasah.

Di awal video sambutannya, Kepala Madrasah, Drs H Imam Sayuti. M.Pd . memberikan selamat dan apresiasi yang tinggi kepada para Peserta Didik Baru, karena telah menjadi siswa yang terjaring seleksi masuk MTsN 30 Jakarta . Hal ini tidak mudah, karena mereka telah menyingkirkan banyak Calon Peserta Didik Baru lainnya. Kemudian, Kepala Madrasah juga mengucapkan rasa terimakasih kepada para orang tua atau wali siswa yang telah mempercayakan MTsN 30 Jakarta sebagai tempat bagi putra putrinya untuk melanjutkan pembelajaran.

Kepala Madrasah juga mengajak kepada para Peserta Didik Baru untuk mengingat kembali apa niat dan tujuan masuk ke MTsN 30 Jakarta. Hal ini dirasa penting karena untuk meneguhkan hati dan memantapkan langkah dalam belajar di MTsN 30 Jakarta selama tiga tahun ke depan.

Keberadaan Matsama turut menentukan berhasil atau tidaknya seluruh proses pembelajaran di madrasah pada masa selanjutnya. kegiatan Matsama ini tidak lepas dari motto Direktorat Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan Madrasah, Dirjend Pendidikan Islam, Kementerian Agama Republik Indonesia, yaitu mencetak generasi “Hebat dan Bermartabat”, generasi yang tidak hanya cerdas secara akal, tetapi juga matang secara spiritual dan berkarakter ke-Indonesia-an.

“Walaupun tidak bisa dilakukan secara tatap muka, kita tetap melaksanakan Matsama dengan daring atau online, mudah – mudah dengan metode ini tidak mengurangi esensi dari tujuan Matsama itu sendiri. Dimana tujuan Matsama adalah untuk memperkenalkan madrasah secara keseluruhan, lingkungan madrasah kita kenalkan, bagaimana proses pembelajaran dilakukan, ciri atau karakter madrasah serta budaya yang berlaku di madrasah,” pesan Iman Sayuti dalam video sambutannya.

Pembukaan Matsama virtual kali ini dikatakan berhasil. Hal ini dibuktikan dengan antusiasme peserta didik baru para siswa dan civitas akademik MTsN 30 jakarta yang mengikuti kegiatan tersebut. Lebih dari 3000 yang menyaksikan dengan link www.mtsn30-jakarta.sch.id .(admin30)

*Tetap Sehat dan Semangat*

*#LawanCovid-19*

Galeri Panitia Matsama